Home / Security / Malware “JOAO” Menyerang Gamers Di Seluruh Dunia

Malware “JOAO” Menyerang Gamers Di Seluruh Dunia

Game adalah candu bagi pemainnya tapi bagi penjahat cyber, ini adalah bisnis yang menguntungkan.

Periset keamanan TI di ESET telah menemukan malware baru yang menargetkan para gamer di seluruh dunia. Dijuluki “Joao” oleh para peneliti; Malware ada di situs pihak ketiga yang menawarkan Setup berbahaya untuk game Aeria.

Malware bekerja sedemikian rupa sehingga sekali dijalankan, ia dapat menginstal kode berbahaya lainnya pada perangkat yang ditargetkan. Selanjutnya, Joao memanfaatkan “Massively multiplayer online role-playing games (MMORPGs),” sebuah platform untuk permainan video role-playing dan game online multiplayer secara besar-besaran di mana sejumlah besar gamer berkumpul untuk berinteraksi.


Penyerang di belakang Joao telah mengembangkan malware sedemikian rupa sehingga ketika seorang korban mengeksekusi peluncur permainan, ia diam-diam meluncurkan dirinya di latar belakang dan mengirimkan informasi perangkat kepada penyerang termasuk sistem operasi, nama dan hak istimewa yang dimiliki pengguna pada perangkat itu. . Pada saat yang sama, permainan berjalan untuk pengguna tanpa gangguan atau pertanda aktivitas berbahaya.

Berdasarkan analisis perangkat Joao memutuskan komponen mana yang harus dipasang pada sistem. Menurut para peneliti ESET, mereka menemukan komponen dengan kemampuan melakukan serangan denial-of-service terdistribusi (DDoS), backdoor, dan memata-matai pengguna yang ditargetkan.

Saat ini, Joao menargetkan pengguna di Argentina, Brasil, Meksiko, Peru, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Namun, ini adalah masalah waktu sebelum mulai menyebar ke negara lain sejak game Aeria diterbitkan di Amerika Utara dan Eropa juga.

Untuk memeriksa apakah komputer Anda terinfeksi malware Joao, para peneliti ESET menyarankan untuk mencari file “mskdbe.dll”. Jika hasil pencarian menunjukkan file dengan nama ini berarti Anda adalah korban. Namun, penyerang juga bisa mengganti nama file dengan yang lain. Karena itu, pastikan untuk tidak mendownload aplikasi atau game yang tidak perlu di komputer Anda.

Juga, pastikan untuk menjaga agar sistem operasi dan perangkat lunak anti-virus Anda diperbarui. Sedangkan untuk pengguna yang ditargetkan, jangan mendownload game Aeria dari situs pihak ketiga. Aeria memiliki kehadiran media sosial di Twitter dan Facebook; Sangat disarankan untuk melaporkan file game jahat ke pengembang.

Pada saat menerbitkan artikel ini, situs pihak ketiga masih beroperasi namun ESET telah menginformasikan pengembang tentang masalah ini, dan diharapkan perusahaan akan segera melakukan beberapa tindakan.

loading...

About thuekx

Someone want to know much about GOD and Live, and want to share every experience i had, Please click our ads to keep this website alive!!!! Nothing Special About Me, You Can Stop Me But You Can't Stop Us

Check Also

SambaCry Vulnerable System Pada Linux

Setelah beberapa waktu lalu ada vulner mengenai remote code execution pada windows,¬†kali ini dunia juga …

Leave a Reply

%d bloggers like this: