Home / System / Mengenal Lebih Dalam Mengenai Linux

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Linux

Linux adalah salah satu versi populer dari UNIX Operating System. Ini adalah open source karena kode sumbernya tersedia secara gratis. Ini bebas untuk digunakan. Linux dirancang dengan mempertimbangkan kompatibilitas UNIX. Daftar fungsinya sangat mirip dengan UNIX.

Komponen Sistem Linux
Sistem Operasi Linux memiliki tiga komponen utama

Kernel – Kernel adalah bagian inti dari Linux. Ini bertanggung jawab atas semua aktivitas utama sistem operasi ini. Ini terdiri dari berbagai modul dan berinteraksi langsung dengan perangkat keras yang mendasarinya. Kernel menyediakan abstraksi yang dibutuhkan untuk menyembunyikan detail perangkat keras tingkat rendah ke sistem atau program aplikasi.

System Library – Perpustakaan sistem adalah fungsi atau program khusus yang menggunakan program aplikasi atau utilitas sistem untuk mengakses fitur Kernel. Perpustakaan ini menerapkan sebagian besar fungsi sistem operasi dan tidak memerlukan hak akses kode modul kernel.

System Utilities – Utilitas Sistem bertanggung jawab untuk melakukan tugas tingkat khusus dan khusus.

Mode Kernel vs Mode Pengguna
Kode komponen kernel dijalankan dalam mode istimewa yang disebut mode kernel dengan akses penuh ke semua sumber daya komputer. Kode ini mewakili satu proses, dijalankan di satu ruang alamat dan tidak memerlukan switch konteks dan karenanya sangat efisien dan cepat. Kernel menjalankan setiap proses dan menyediakan layanan sistem ke proses, menyediakan akses yang dilindungi ke perangkat keras ke proses.

Kode pendukung yang tidak diharuskan dijalankan dalam mode kernel ada di System Library. Program pengguna dan program sistem lainnya bekerja dalam Mode Pengguna yang tidak memiliki akses ke perangkat keras sistem dan kode kernel. Program / utilitas pengguna menggunakan pustaka Sistem untuk mengakses fungsi Kernel untuk mendapatkan tugas tingkat rendah sistem.

Fitur dasar
Berikut adalah beberapa fitur penting dari Sistem Operasi Linux.

Portable – Portabilitas berarti perangkat lunak dapat bekerja pada berbagai jenis perangkat keras dengan cara yang sama. Kernel Linux dan program aplikasi mendukung instalasi mereka pada platform perangkat keras manapun.

Open Source – source code Linux tersedia secara gratis dan merupakan proyek pengembangan berbasis komunitas. Beberapa tim bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi Linux dan terus berkembang.

Multi-User – Linux adalah sistem multiuser yang berarti banyak pengguna dapat mengakses sumber daya sistem seperti program memori / ram / aplikasi pada saat bersamaan.

Multiprogramming – Linux adalah sistem multiprogramming yang berarti beberapa aplikasi bisa berjalan bersamaan.

Hierarchical File System – Linux menyediakan struktur file standar dimana file sistem / file pengguna diatur.

Shell – Linux menyediakan program interpreter khusus yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah dari sistem operasi. Ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis operasi, program aplikasi panggilan. Dll.

Security – Linux menyediakan keamanan pengguna menggunakan fitur otentikasi seperti proteksi password / akses terkontrol ke file / enkripsi data tertentu.

Arsitektur
Ilustrasi berikut menunjukkan arsitektur sistem Linux –


Arsitektur Sistem Linux terdiri dari lapisan berikut –

Hardware – Perangkat keras terdiri dari semua perangkat periferal (RAM / HDD / CPU dll).

Kernel – Ini adalah komponen inti dari Sistem Operasi, berinteraksi langsung dengan perangkat keras, memberikan layanan tingkat rendah untuk komponen lapisan atas.

Shell – Antarmuka kernel, menyembunyikan kompleksitas fungsi kernel dari pengguna. Shell mengambil perintah dari pengguna dan menjalankan fungsi kernel.

Utililities – Utilitas program yang menyediakan pengguna sebagian besar fungsionalitas dari sebuah sistem operasi.

Nah kali ini sobat bisa sedikit paham mengenai seluk beluk OS ini

loading...

About thuekx

Someone want to know much about GOD and Live, and want to share every experience i had, Please click our ads to keep this website alive!!!! Nothing Special About Me, You Can Stop Me But You Can't Stop Us

Check Also

Dekripsi Kode Morse Menggunakan PC Sound Card

Ok gaes kali ini saya akan coba share sebuah artikel tentang mendekripsi kode sandi morse …

Leave a Reply

%d bloggers like this: