Home / News / Zomato Dibobol 17 Juta Data Pelanggan Dicuri

Zomato Dibobol 17 Juta Data Pelanggan Dicuri

Restoran terbesar india Zomato  telah mengalami kebobolan keamanan data. Menurut sebuah laporan di blog keamanan HackRead, “Vendor yang melakukan penanganan online ‘nclay’ mengklaim telah meng-hack Zomato dan menjual data dari 17 juta pengguna terdaftarnya di pasar Dark Web yang populer.”

Perusahaan juga telah mengakui kebobolan keamanan utama  ini dalam sebuah posting blog. “Alasan Anda membaca posting blog ini adalah karena baru-baru ini telah ditemukan oleh tim keamanan kami – sekitar 17 juta catatan user dari database kami dicuri. Informasi yang dicuri memiliki alamat email pengguna dan kata sandi hash,” kata perusahaan tersebut. Perusahaan ini memiliki total 120 juta pengguna.

Bagaimanapun, perusahaan ini mengklaim bahwa data tersebut aman. “Kata sandi hashed tidak dapat dikonversi / didekripsi kembali ke teks biasa – jadi privacy kata sandi Anda utuh jika Anda menggunakan kata kunci yang sama untuk layanan lainnya,” tambah posting blog Zomato.
Ini juga meyakinkan pengguna bahwa “informasi terkait pembayaran pada Zomato disimpan terpisah dari data yang dicuri ini di dalam brankas yang sangat aman.”

Zomato lebih lanjut menambahkan bahwa pada bagiannya, ia telah mengatur ulang kata kunci dari semua pengguna yang terkena dampak. “Sebagai tindakan pencegahan, kami telah mereset kata sandi untuk semua pengguna yang terkena dampak dan mengeluarkannya dari aplikasi dan situs web. Tim kami secara aktif memindai semua kemungkinan-kemungkinan pelanggaran dan menutup celah di system kami. Sejauh ini, sepertinya faktor internal (Manusia) yang menjadi celah keamanan – beberapa akun HRD karyawan telah terserang. ”

Dalam blognya, HackRead mengklaim bahwa harga untuk set keseluruhan paket diklaim sebesar $ 1.001,43 dan bahwa vendor tersebut juga telah berbagi data sampel untuk membuktikan bahwa datanya asli.

HackRead menambahkan bahwa mereka menguji data sampel di halaman masuk Zomato.com dan menemukan bahwa “setiap akun yang disebutkan dalam daftar ada di Zomato.” Tim HackRead dilaporkan juga mengirim email reset password ke beberapa alamat email yang diberikan dalam data untuk lebih jauh memeriksa kebenaran klaim ‘nclay’s’. Ini juga mengungkapkan bahwa datanya ‘asli’ saat ID email beralih untuk terdaftar dengan Zomato.

Zomato didirikan pada tahun 2008 oleh Deepinder Goyal dan Pankaj Chaddah. Perusahaan ini beroperasi di 23 negara, termasuk India, Australia dan Amerika Serikat.

loading...
(dibawah post)

About thuekx

Someone want to know much about GOD and Live, and want to share every experience i had, Please click our ads to keep this website alive!!!! Nothing Special About Me, You Can Stop Me But You Can't Stop Us

Check Also

Penyadapan Pada Faceboook Messenger

Ada banyak pasang surut tentang perkembangan teknologi. Tidak diragukan lagi, kita pasti merasa terpikat dengan …

Leave a Reply

%d bloggers like this: